LiveZilla Live Help

Dental Room merupakan tempat perawatan gigi yang memberikan perawatan atas gigi Anda. Pelayanan yang profesional dan fasilitas yang canggih merupakan kelebihan kami

Aesthetic Services


Pembersihan Karang Gigi (Dental Cleaning)

Pembersihan karang gigi adalah prosedur untuk membersihkan sisa-sisa makanan plak termineralisasi yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi ada yang mudah terbentuk dan ada pula yang lama terbentuknya tergantung kondisi lingkungan dalam mulut, kandungan dalam air liur (ludah), kekentalan air liur, makanan yang kita makan, kondisi/posisi gigi-geligi, jenis kuman yang ada di mulut kita, dan lain-lain.Karang gigi terutama timbul pada daerah-daerah yang sulit dibersihkan, seperti :

  • permukaan dalam gigi bawah yang menghadap ke lidah,
  • permukaan leher gigi,
  • gigi yang berdesakan/tumpang tindih.

Akibat dari karang gigi:
Karang gigi sendiri tidak berbahaya, tetapi permukaannya sangat kasar sehingga bakteri dalam rongga mulut dapat dengan mudah melekat di permukaannya. Permukaan kasar ini menjadi tempat koloni bakteri yang menyebabkan berbagai masalah, seperti radang gusi (gingivitis), radang jaringan penyangga gigi (periodontitis), kerusakan gigi (karies/gigi lubang) dan bau mulut (halitosis). Bau mulut adalah hal yang paling dirasa mengganggu.

Radang gusi (gingivitis) ditandai dengan perubahan warna gusi menjadi lebih merah, gusi agak membengkak dan perdarahan gusi saat menggosok gigi. Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Bila sudah pada tahap ini, dapat menimbulkan kegoyangan gigi karena jaringan penyangga gigi sudah rusak.

Karang gigi juga dapat menimbulkan masalah kosmetik karena membuat gigi berwarna kuning atau coklat. Karang gigi lebih berpori-pori daripada enamel/email gigi sehingga mudah berubah warna. Jika Anda merokok atau sering minum kopi atau teh, gigi Anda yang terkena karang gigi akan berubah warna menjadi kuning, coklat atau hitam.

Cara mengurangi timbulnya karang gigi:

  1. Pertama, adalah dengan rajin menjaga kebersihan gigi, yaitu dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari secara benar (di pagi hari, setelah sarapan pagi dan di malam hari, sebelum tidur) dan flossing. Juga jangan lupa untuk menggosok permukaan lidah dan gusi dengan lembut perlahan-lahan. Untuk permukaan gigi rahang atas, gerakan sikat gigi dari atas ke bawah. Dan untuk permukaan gigi rahang bawah, gerakan sikat gigi dari bawah ke atas. Hal ini dapat menghalangi terbentuknya karang gigi.
  2. Kedua, rajin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi (scaling). Karena hanya dengan ultrasonic scaler saja karang gigi dapat dibersihkan. Karang gigi tidak dapat hilang hanya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur. Dokter gigi memiliki alat khusus untuk membersihkan karang gigi Anda. Rasa ngilu hingga sensasi gigi goyang yang sering timbul pasca perawatan ini adalah hal yang biasa terjadi karena sebelum pembersihan karang gigi, gigi tersebut tertutup oleh karang gigi dan saat karang gigi talah hilang maka gigi dan gusi (gingiva) harus menyesuaikan kondisi lagi maka timbullah sensasi gigi goyang dan rasa ngilu. Pada pasien lain mungkin juga akan terjadi perdarahan gusi, yang dalam 1-3 hari akan hilang.

Pembersihan Noda / Stain

Air flow merupakan prosedur pembersihan stain atau noda yang menempel pada permukaan gigi, biasanya disebabkan oleh kopi, teh, rokok atau makanan/minuman berwarna lainnya.

Pemutihan Gigi (Dental Whitening)

Dental whitening digunakan untuk mengkoreksi perubahan warna gigi yang umumnya disebabkan oleh adanya noda gigi, pertambahan usia, atau paparan bahan kimia pada gigi.

Crown / Veneer

Crown/Veneer merupakan perawatan untuk mengkoreksi perubahan warna gigi yang parah, posisi satu atau dua gigi yang berdesakan ringan, kelainan bentuk anatomi gigi (peg-shaped), adanya celah antar gigi, atau gigi patah. Crown/Veneer dapat terbuat dari komposit atau porselen

Kawat Gigi (Braces)

Fungsi perawatan ortodonti yaitu untuk estetika dan mengembalikan fungsi yang tidak normal. Pada susunan gigi yang maju pada rahang atas ataupun rahang bawah, gigi yang tidak teratur, gigi yang renggang menyebabkan senyum kurang menarik sehingga berdampak pada sisi emosional yaitu menjadi tidak percaya diri. Di samping itu, pada gigi yang tidak rapi akan menyulitkan proses pembersihannya sehingga akan menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, dan bahkan dapat menyebabkan gigi lepas.

1. Kawat Gigi Konvensional
Merupakan kawat gigi yang umum digunakan dengan menggunakan kawat yang dihubungkan dengan braket yang direkatkan di permukaan gigi dan ditahan dengan karet berwarna warni. Braket yang digunakan dapat terbuat dari bahan metal stainless steel atau transparan bening. Pada penggunaan kawat jenis konvensional ini, pasien harus kembali kontrol setiap 2 minggu- 1 bulan sekali. Waktu yang dibutuhkan sampai gigi rapi bervariasi rata-rata antara 12 bulan sampai 2 tahun. Setelah dilepas masih diperlukan lagi penggunaan retainer (penahan gigi) selama setahun agar bentuk gigi yang rapi tidak berubah dan permanen.

2.Kawat Gigi Damon

Metode ini adalah metode yang dianggap inovatif karena pada kawat gigi umumnya gigi yang menyesuaikan susunan rahang sehingga dibutuhkan pencabutan beberapa gigi. Sedangkan padaDamon System, rahanglah yang bergerak menyesuaikan dengan struktur gigi selain tahapan perapihan gigi, sehingga jarang dibutuhkan pencabutan gigi. Kawat Damon seperti kawat gigi konvensional direkatkan pada permukaan gigi namun tidak memerlukan karet gigi. Braketnya berbentuk klip sehingga kawat dapat bergerak bebas dan jauh lebih tidak sakit karena tidak ada tekanan dari karet. Braket Damon tidak sebesar kawat gigi konvensional, sehingga lebih mudah dibersihkan dan ada pula jenis yang transparan. Waktu kontrolnya pun tidak sesering kawat gigi konvensional, yaitu 2-3 bulan sekali. Waktu perawatan lebih singkat sekitar 1 tahun.

3. Invisalign

Invisalign adalah sebuah perawatan untuk merapikan gigi tanpa kawat gigi, melainkan dengan menggunakan cetakan gigi yang disebut sebagai alignerInvisalign menggunakan serial alignerstransparan, tanpa penggunaan metal atau bracket yang kerap memberikan iritasi, sehingga Invisalign sangat nyaman digunakan dan tidak akan ada orang yang mengira Anda sedang menggunakannya. Selain transparan, aligners ini juga bisa dilepas dan mudah dibersihkan sehingga gigi dan gusi dapat terjaga kebersihan kesehatannya.

Prosedur Perawatan
Tahapan awalnya adalah dengan berkonsultasi kepada dokter gigi yang telah memiliki sertifikat dari Invisalign mengenai permasalahan struktur gigi Anda. Kemudian dokter gigi akan memberikan pertimbangan apakah Anda sesuai untuk menggunakan Invisalign. Setelah disepakati akan melakukan perawatan, dokter gigi akan mencetak gigi Anda dan hasil cetakan Anda akan dikirimkan ke Amerika, untuk selanjutnya diproses diAlign Technology dan dikirim kembali ke Indonesia. Setiap kasus akan terdiri dari serial aligners, tiap aligner digunakan selama dua minggu, 22 jam per hari, dilepas ketika makan dan menyikat gigi.

Keuntungan
Invisalign dapat memberikan perjalanan gigi Anda dari awal sampai akhir karena adanya visualisasi 3D. Selain itu:

  • Invisalign hampir tak terlihat - sangat sedikit orang dapat melihat bahwa Anda sedang mengenakan Invisalign. Pasien yang menggunakan Invisalign lebih banyak tersenyum selama perawatan dan tidak mempengaruhi kehidupan sosial mereka.
  • Invisalign dapat dilepaskan – aligner yang transparan dapat dengan mudah dipasang dan dilepaskan. Anda dapat makan atau minum apa saja dan dengan mudah bisa menyikat dan membersihkan gigi Anda sehingga kesehatan gigi dan mulut lebih terjaga.
  • Invisalign sangat nyaman dipakai - karena tidak adanya kawat di dalam mulut, maka lebih sedikit luka/sariawan di mulut selama masa perawatan. Rasa sakit pun hanya akan timbul sedikit setiap kali gigi bergerak secara bertahap, karenaaligner diganti setiap dua minggu sekali.

Lama Perawatan
Secara umum, Invisalign bekerja lebih cepat daripada kawat gigi. Hal ini dikarenakan setiap pergerakan gigi direncanakan melalui model di komputer sehingga didapatkan pergerakan gigi yang lebih presisi dan sempurna. Rata-rata lamanya perawatan berkisar kurang lebih 1 tahun.

Cara Kerja Aligner
Setiap aligner memiliki kemampuan kecil untuk menggerakkan gigi, yaitu sekitar 1/4 milimeter untuk setiap aligner. Walaupun perlahan, namun gerakannya sangat akurat untuk mengembalikan struktur gigi dalam satu kesatuan.

Efek Samping
Dalam penggunaan Invisalign, relatif tidak ada efek samping, karena Invisalign bekerja secara lembut, perlahan, namun presisi. Pasien biasanya menyatakan bahwa mereka tidak merasakan kenyamanan terganggu dan mereka dapat tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Selain itu, karena mudah dilepas, gigi dapat terjaga kebersihan dan kesehatannya.